Selasa, 31 Mei 2016

Pentingnya Belajar Kepariwisataan di Jurusan Sastra Inggris

Bahasa Inggris adalah Bahasa Internasional 

https://www.youtube.com/watch?v=M6ul0YXliOI

Bahasa adalah komunikasi, bahasa inggris merupakan bahasa paling banyak digunakan dalam berkomunikasi secara internasional. Paling tidak hal itu yang terjadi saat ini. Pertanyaan, mengapa bahasa inggris menjadi bahasa internasional, kenapa harus bahasa inggris?
Ada beberapa alasa kenapa bahasa inggris dijadikan bahasa internasional. Diataranya karena bahasa inggris merupakan salah satu bahasa tertua yang ada di dunia dan berasal dari dataran britania yaitu sekitar abad ke 8. Selain bahasa inggris merupakan bahasa tertua yang ada di dunia, bahasa inggris mempunyai perkembangan kosa kata yang sangat pesat. Menurut tim riset gabungan peneliti Havard University dan Google mencatat penambahan kosa kata bahasa tertua di dunia itu mencapai 8.500 kata pertahun. Kini jumlah total telah mencapai 1.022.000 kata. itu merupakan jumlah kosakata yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan negara kita tercinta ini. jika dibandingkan dengan bahasa Indonesia. Menurut pusat bahasa kemendikbud yang baru baru ini telah selesai dan menerbitkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) edisi ke empat dengan total jumlah kosa kata yang terdapat di dalamnya cuma berkisar 91.000 kosa kata, kamus edisi ke empat ini merupakan pengembangan dari edisi sebelumnya yang hanya mencakup 82.000 kosa kata. memang perkembangan jumlah kosa kata ini lah yang menjadi patokan layak atau tidaknya sebuah bahasa dianggap sebagai bahasa internasional. Tentu tanpa memasukkan unsur bahasa daerah yang ada di Indonesia.
Selain itu Negara Inggris merupakan negara yang maju Hal itu terlihat dari inovasi dan penyebaran ilmu pengetahuan yang banyak dari Negara barat. Ilmuwan-ilmuwan, essay-essay, invention, dan inovasi yang di Negara barat sana perkembangannya sangat cepat. Dulu juga berlaku begitu ketika dunia keilmuan dikuasai Arab > bahasa arab, latin > bahasa latin, Yunani dan seterusnya. Penggunaan bahasa Inggris menjadi hal seolah wajib jika ingin mengikuti perkembangan.
Fakta juga mengatakan bahwa Negara Inggris adalah negara yg paling banyak jajahannya diseluruh dunia. Oleh sebab itu bahasa inggris sangat familiar dan lebih banyak digunakan diberbagai Negara, terutama Negara jajahan Inggris. Makanya  bahasa inggris lebih cepat menyebar ke berbagai belahan dunia.

Jurusan Sastra Inggris mempelajari dengan detail segala bidang seperti menulis, membaca, menyimak, tata bahasa, kosa kata, berbicara, pelafalan dan lain sebagainya. Disamping itu, dalam Jurusan Sastra Inggris juga mempelajari tentang Kepariwisataan. Mengapa kita mempelajari Kepariwisataan di Jurusan Sastra Inggris? Salah satu prospek kerja lulusan Sastra Inggris yang menjanjikan adalah sektor pariwisata. 

Bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional tentu saja memiliki peran vital dalam industri pariwisata. Mengapa demikian? Di dalam industri pariwisata, wisatawan datang bukan hanya dari dalam negeri melainkan dari manca negara. Untuk itu, diperlukan penguasaaan bahasa Inggris yang baik untuk melakukan interaksi kepada wisatawan asing.

Pelaku pariwisata harus memiliki kecakapan berbahasa Inggris. Di bawah ini adalah beberapa pelaku pariwisata yang perlu memiliki kemampuan berbahasa Inggris :

Resepcionist
http://solaris-hotels.com/hotel/bali/career

Receptionist dan kasir dibagian front office di hotel. Pekerjaan seorang receptionist tersebutadalah pekerjaan administrasi di kantor depan yang bertugas menyambut tamu atau klien yang berurusan dengan pihak hotel baik domestik maupun mancanegara.. Dapat dipastikan bahwaklien atau tamu yang berasal dari mancanegara mengunnakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar untuk menyampaikan kebutuhannya walaupun mereka ditemani pemandu (tour  guide). Tugas seorang receptionist tersebut adalah menjelaskan kebutuhan tamu, seperti produk dan jasa layanan apa saja yang akan diberikan, menjawab telepon yang masuk, mengatur  pertemuan, dan lain lain. Jelas sekali diketahui ternyata seorang receptionist di front office tersebut harus mampu, cerdas, dan energic didukung dengan kemampuan berbahasa Inggris untuk menyelesaikan semua tugas-tugasnya. Perlu diketahui bahwa kemampuan berbahasa inggris sesuai dengan yang dibutuhkan seorang receptionist harus mempunyai skor minimum yaitu pengguna bahasa yang cukup. Artinya bahwa pengguna bahasa bahasa tersebut dapatmenggunakan bahasa yang dapat dimengerti secara umum. Dapat berkomunikasi dengan hal-halyang berhubungan dengan bidang yang mereka kerjakan, percakapan sehari-hari,mengidentifikasi pesan, dan presentasi – presentasi.

Tour Guide/Guidance
http://www.wellsgraytours.com/so-you-want-to-be-a-tour-guide-or-tour-director/
 
Bagi seorang tour guide, penguasaan bahasa Inggris ini harus lebih baik lagi oleh karena sebagaimana diketahui bahwa seorang tour guide banyak bekerja sebagai informer atau pemberi informasi yang banyak dan luas cakupannya. Pada prinsipnya seorang tour guide adalah orang yang bekerja sebagai pemimpin turis; pelancong yang melakukan perjalanan mengelilingi suatu tempat seperti desa, kota, museum, atau tempat wisata lainnya. Selain itu seorang
tour  guide juga pemimpin turist dalam perjalanan wisata yang terprogram dengan jangka waktu yang ditetapkan baik daerah maupun luar daerah dan internasional. Jika mereka pemandu wisata disuatu musium maka mereka disebut sebagai
docent yaitu pemandu yang menjelaskankeberadaan seisi museum serta sejarah benda museum tersebut dengan segala penjelasannya.Selain itu tour guide juga banyak bergerak dibagian paket – paket liburan. Sebagai seorang tour  guide harus mampu mengetahui dan menjelaskan kebudayaan, cerita cerita (folk story) dan sejarah daerah setempat. "ntuk keberhasilan kegiatan tour ini , seorang tour guide harus bersifat sabar dan memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik, serta dapat terlibat dalam komunikasi umum(public speaking), social, akademis dan hal – hal yang bersi!at tertentu. Tentu seorang tour guide harus terus konsisten meningkatkan pengetahuannya serta kemampuan berbahasa inggrisnya secara terus menerus. Kemampuan bahasa Inggris sesuai standar yang disarankan minimum    adalah   sebagai  pengguna  bahasa  yang  berani.
 
Kita mengetahui bahwa negara kita ini adalah negara yang penuh dengan keindahan alamnya, banyak tempat-tempat yang dijadikan tempat pariwisata. Maka dari itu sudah tidak heran jika banyak turis dari berbagai negara berkunjung di negara kita untuk berpariwisata menikmati keindahan alam Indonesia. Seperti pulau Bali, Lombok, Irian dan masih banyak lagi tempat periwisata yang tidak dapat disebutkan satu persatu.
Kita perlu mengetahui betapa pentingnya kita sebagai masyarakat Indonesia menguasai bahasa inggris untuk dapat berkomunikasi dengan turis yang datang untuk berpariwisata. Jadi tidaka akan terjadi kesalahpahaman jika kita menguasainya.
 
 
source :
https://www.academia.edu/10698705/Kemampuan_Bahasa_Inggris_Bagi_Pelaku_Wisata 
http://retno9293.blogspot.co.id/2014/05/pentingnya-menguasai-bahasa-inggris.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar